Cara Mudah Dan Tak Terduga Untuk Selamatkan Ponsel Yang Tercelup Air

Sebelum Terlambat Dan Rusak, Coba Cara-Cara Ini Untuk Selamatkan Ponselmu Yang Tercelup Air.

Ponsel pintar semakin mengokohkan posisinya sebagai salah satu benda yang tak bisa lepas dari genggaman manusia. Saat bangun tidur hingga tidur lagi, ponsel hampir selalu menjadi benda yang terus dicari keberadaannya.

Bagaimana tidak, keberadaan segala aplikasi yang memudahkan kehidupan manusia semuanya ada di ponsel pintar. Mulai dari alarm untuk membuat kita bangun hingga urusan bepergian, semua bergantung pada ponsel pintar. Belum lagi banyaknya hiburan yang bisa kita dapatkan dari benda kotak yang mudah digenggam tersebut.

Gara-gara "ketergantungan" akan ponsel pintar ini, banyak "kecelakaan" terjadi. Lupakan kecelakaan kendaraan sungguhan yang diakibatkan karena melihat ponsel saat berkendara, ada pula kejadian lain yang mengakibatkan ponselmu mati.

Saat membawa ponsel ke toilet misalnya. Lantas, kamu tak sengaja menjatuhkannya ke dalam closet atau wastafel, apa yang akan kamu lakukan? Segera mengibas-kibaskan air yang mengenai ponselmu? Tahukah kamu bahwa mengibas-kibaskan ponsel yang tercelup air termasuk terlarang alias haram dilakukan, lho. Ketahui lebih lengkap mengenai hal-hal terlarang yang tidak boleh dilakukan saat ponsel tercelup air.

Jika sudah mengetahui apa saja hal-hal yang tak boleh dilakukan, maka saatnya mengetahui hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan ponselmu yang tercelup air. Apa saja? Ketahui daftarnya sebagai berikut.

1. Taruh Ponsel Di Vacuum Bag

00231441s1jpg

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ponsel yang tercelup air adalah dengan menyiapkan sebuah vacuum bag. Ya, cukup dengan menggunaan kantong vakum saja kamu sudah bisa menyelamatkan ponselmu yang tercelup air.

Cara ini disebut ampuh menarik air yang tersangkut di slot dan area ponsel yang sulit dijangkau. Menggunakan vacuum bag dan vacuum cleaner juga disebut lebih ampuh dan lebih aman daripada menggunakan hair dryer.

Carannya, masukkan ponsel ke dalam kantong vakum kemudian sedot udara di dalamnya dengan menggunakan alat vacuum cleaner. Jika kamu tak memiliki kantong vakum, tak masalah asalkan ada alat vacuum cleaner. Caranya, letakkan alat penyedot tersebut di atas area ponsel yang basah. Lalu, nyalakan alat tersebut selama lebih kurang 20 menit untuk menyedot air yang masuk ke dalam mesin ponsel.

Berhati-hatilan untuk tidak terlalu mendekatkan alat vakum ke ponsel. Jika terlalu dekat, penyedotan menggunakan alat vakum justru bisa merusak ponsel.


Baca Juga : Tips Cara Memilih Power Bank Terbaik dan Berkualitas


2. Taruh Ponsel Di Baskom Berisi Beras


cara-perbaiki-ponsel-terkena-air-berasjpg

Mengeringkan ponsel yang tercelup air dengan menggunakan beras memang sudah lama menjadi salah satu solusi yang banyak disebutkan. Percayalah bahwa hal ini memang bukan sebuah mitos. Beras disebut memiliki daya serap yang tinggi dan ampuh untuk mengeringkan bagian ponsel yang tercelup air.

Masukkan ponsel dan semua bagian baterai yang sudah dilepas ke dalam mangkuk berisi beras. Biarkan ponsel berada di dalam rendaman beras selama lebih kurang dua hari.

Jika tidak ada beras, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan lain yang juga ampuh menyerap air di dalam ponsel. Coba gunakan semangkut oatmeal atau bisa juga gunakan pasir kucing untuk menyerap air yang ada di dalam ponsel.

Oiya, selain ampuh menyerap air yang masuk ke dalam ponsel, pasir kucing juga bisa kamu manfaatkan untuk menyerap bau tak sedap pada sepatu, lho.

3. Taruh Ponsel Di Baskom Berisi Gel Penyerap Kelembapan


00231441s3jpg

Beras dan beberapa bahan lain tidak ampuh menyerap air di dalam ponselmu? Tenang, masih ada cara-cara lain untuk mengatasi ponsel yang tercelup air. Menggunakan gel penyerap kelembapan disebut lebih aman daripada menggunakan beras atau bahan lainnya.

Gel silica tidak harus kamu beli khusus untuk mengeringkan ponselmu yang tercelup air. Kamu bisa menemukan benda ini di dalam kardus sepatu, dompet, atau bahan makanan lain. Namun, kemampuan menyerap gel silica yang ada dalam kardus sepatu baru mungkin sudah tidak terlalu ampuh.

Jika sudah mengumpulkan gel silica ke dalam baskom, masukkan ponsel ke dalamnya. Biarkan sekitar semalaman. Jangan lupa untuk membalik posisi ponsel setiap jam. Hal itu dilakukan untuk membuat gel silica bisa secara merata menyerap air yang ada di tiap bagian ponsel.

4. Taruh Ponsel Di Atas Tissue Atau Handuk


00231441s4jpg

Tidak ada gel silica ataupun beras? Tenang, kamu masih bisa menggunakan cara sederhana lain untuk mengatasi ponsel yang tercelup air. Caranya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan penyerap air lainnya, seperti handuk, serbet, ataupun kertas koran.

Caranya sangat mudah, cukup angkat ponselmu yang sudah tercelup air dan letakkan mendatar di atas serbet, handuk, ataupun kertas koran. Biarkan selama 4 hingga 6 jam. Jika benda-benda penyerap tersebut sudah basah, yang berarti ia ampuh mneyerap air, ganti dengan yang baru.

Cara ini juga sekaligus mengatasi larangan yang tidak boleh dilakukan saat ponsel tercelup air. Larangan tersebut adalah menggoyang-goyangkan atau membuat ponsel mendapatkan banyak sentuhan.

5. Keringkan Dengan Sinar Matahari


Solusi-dan-Cara-Mengatasi-HP-Android-Terendam-Terkena-Airpng

Tak ada bahan penyerap, tak ada beras, apalagi vacuum cleaner? Ponsel yang tercelup air masih bisa kamu selamatkan dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari.

Pertama, siapkan dulu alas untuk menjemur ponsel, bisa berupa koran ataupun serbet. Lepas baterai lalu letakkan ponsel di atas serbet dan jemur di bawah terik matahari sekitar 20 menit. Durasi penjemuran tergantung panasnya sinar matahari, ya. Jika terlalu panas, maka tak perlu dijemur lama-lama.

6. Masukkan Dalam Freezer


hp-dimasukkan-freezer_20170724_144724jpg

Cara terakhir untuk menyelamatkan ponselmu yang tercelup air adalah dengan memasukkannya ke dalam freezer atau lemari es. Pertama, lepas baterai dari ponsel untuk mencegah kerusakan akibat embun pembekuan. Setelah itu, masukkan ponsel ke dalam freezer selama 15 hingga 20 menit.

Jika yang terkena air parah adalah bagian baterai, maka kamu bisa pilih untuk memasukkan bagian baterai saja ke dalam freezer. Setelah itu, keluarkan baterai dari dalam lemari pendingin, lap dengan handuk, lalu coba pasang ke dalam ponsel.

Namun, dalam melakukan hal ini kamu harus berhati-hati, ya. Hal itu disebabkan karena ada kemungkinan ketika es mencair bisa merusak LCD.


http://flashreload.com/blog/tips-cara-memilih-power-bank-terbaik-dan-berkualitas