Kecepatan Internet 4G di Indonesia, Siapa Paling Ngebut?

menara-towerjpg
Saat ini setidaknya ada enam operator seluler di Indonesia yang menyediakan layanan internet 4G, yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Hutchison 3 Indonesia, Smartfren Telecom, dan Bolt.

Masing-masing dari mereka mengklaim memiliki layanan 4G yang cepat dan stabil. Lalu, siapa operator seluler di Indonesia yang memiliki layanan 4G paling ngebut?

Aplikasi penyedia deteksi kecepatan internet, nPerf, baru-baru ini menguji kecepatan 4G operator di Indonesia sebanyak 319 ribu kali antara awal Januari hingga akhir Juni 2018.

Baca Juga : Cara Jualan Pulsa Terbaru All Operator Tanpa Modal Besar

Hasilnya, Smartfren menjadi operator seluler dengan kecepatan internet 4G paling ngebut. Menurut laporan nPerf, Smartfren dinyatakan unggul dalam kecepatan internet di beberapa kategori.

Meski begitu, operator telekomunikasi lainnya juga ada yang unggul di berbagai kategori. Misalnya, untuk kecepatan download di jaringan 2G/3G/4G, internet Smartfren dinyatakan paling ngebut dengan kecepatan rata-rata 13,94Mbps.
Selanjutnya disusul oleh Telkomsel dengan kecepatan rata-rata 6,27Mbps, Bolt dengan kecepatan rata-rata 5,85Mbps, XL dengan kecepatan rata-rata 5,41Mbps, Indosat Ooredoo 2,82Mbps, dan Tri dengan kecepatan rata-rata 2,75Mbps.

Pada kategori lainnya, yakni kecepatan upload untuk jaringan 2G/3G/4G, Telkomsel dinyatakan lebih unggul dengan kecepatan rata-rata 4,41Mbps.

Smartfren bertengger di bawahnya dengan kecepatan unggah 4,21Mbps, diikuti XL Axiata dengan kecepatan 3,95Mbps, Tri dengan kecepatan 2,83Mbps, Indosat Ooredoo dengan kecepatan internet 2,33Mbps, dan Bolt 1,08Mbps.

"Seperti pada 2017, Telkomsel menyediakan hasil terbaik untuk kecepatan upload pada paruh pertama 2018," tulis nPerf.

Soal rata-rata latensi atau jeda waktu dalam pengantaran paket data ke penerima, lagi-lagi Smartfren paling cepat dengan waktu 68,98 mili second (ms) diikuti XL Axiata (85,53ms), Tri (92,64ms), Bolt (98,13ms), Telkomsel 101,51ms, dan Indosat Ooredoo (111,94ms).

Selanjutnya dilihat dari aspek waktu loading browsing untuk jaringan 2G/3G/4G, Telkomsel memiliki waktu loading paling singkat. Posisi selanjutnya ditempati oleh Smartfren, Tri, XL Axiata, Bolt, dan Indosat Ooredoo.

Bagaimana dengan Kecepatan Streaming?


4-1jpg

Berdasarkan pengujian di aplikasi nPerf, streaming di jaringan internet XL Axiata dan Bolt ternyata memiliki tingkat performa terbaik saat streaming video.

Performa terbaik selanjutnya adalah Tri, Telkomsel, Smartfren, dan Indosat Ooredoo.

Lain lagi dengan rata-rata koneksi 4G yang dites sebanyak 158 ribu pengujian. Hasilnya, baik Bolt dan Smartfren memiliki layanan 4G terbaik pada paruh pertama 2018.

Posisi selanjutnya sebagai operator dengan layanan 4G terbaik ditempati oleh XL Axiata, Tri, Telkomsel, dan Indosat Ooredoo.

Tentunya, hal ini tidaklah mengherankan. Sebab, jika dibandingkan operator telekomunikasi lainnya, Bolt dan Smartfren memang hanya menjalankan layanan 4G dan 4,5G.

Berbeda dengan operator seluler Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, dan Tri yang sampai saat ini masih menyuguhkan layanan mulai dari 2G hingga 4,5G.

Laporan Open Signal

Sebelumnya, OpenSignal juga memberikan update terbaru terkait kondisi jaringan seluler Indonesia. Laporan ini mengambil sampel pada 1 Februari sampai 1 Mei 2018 pada 1,2 juta lebih perangkat seluler.

OpenSignal adalah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pemetaan cakupan nirkabel, serta mengumpulkan data mengenai kualitas sinyal operator seluler dari pengguna.

Tidaklah mengejutkan bahwa Telkomsel masih unggul dalam beragam kategori, yakni dari segi kecepatan download 3G, 4G, lalu kecepatan upload 4G, serta latensi 4G dan 3G. Demikian laporan OpenSignal.

Yang mengejutkan adalah, ternyata Smartfren berhasil menyaingi Telkomsel dalam kategori kecepatan download secara keseluruhan di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Semarang.

Dalam kategori ini, tercatat Smartfren memiliki kecepatan 9.83Mbps, kemudian disusul Telkomsel dengan kecepatan 8.42Mbps.

Dalam ketersediaan 4G, Smartfren juga mengungguli Telkomsel di enam kota besar, Bandung, Jakarta, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

"Kami juga melihat Smartfren telah sepenuhnya keluar dari kepompong 3G untuk mulai mengembangkan sayap 4G-nya. Smartfren tidak hanya kembali memimpin dalam metrik kami untuk ketersediaan 4G, penyedia ini juga merebut penghargaan kecepatan keseluruhan dari Telkomsel," tulis laporan tersebut.

Lebih lanjut, Telkomsel dilaporkan tidak mengalami peningkatan ketersediaan 4G mereka, sementara operator-operator mengalami tren peningkatan dalam ketersediaan koneksi 4G.

"Konsumen memiliki akses yang lebih luas ke koneksi 4G dibandingkan enam bulan yang lalu. Kami mencatat pertumbuhan terbesar dalam ketersediaan di jaringan 3--lonjakan lebih dari 4 poin persentase--tetapi Indosat, Smartfren, dan XL menunjukkan peningkatan sedikitnya 2 poin persentase dalam skor mereka," OpenSignal menambahkan.

Cek Info Harga Pulsa Disini
eeeepng


eefffjpg