Mulai Ada Ponsel RAM 12 GB, Sudah Perlukah?

prahjpegBelakangan para vendor saling berlomba menghadirkan RAMberkapasitas tinggi. Setelah 8 GB dan 10 GB, kini hadir ponsel dengan RAM 12 GB. Sudah perlukah RAM sebesar itu?

Lenovo baru saja merilis ponsel baru bernama Z5 Pro GT. Daya tarik ponsel ini tidak hanya mengusung Snapdragon 855 yang belum lama diumumkan Qualcomm di Hawaii.

Lenovo Z5 Pro GT dibekali RAM 12 GB. Ini menjadikannya ponsel pertama yang mengusung spek tersebut di dunia.

Lantas timbul pertanyaan sudah butuhkan kita akan perangkat dengan RAM sebegitu besarnya. Karena mengingat RAM 6 GB, bahkan RAM 4 GB pun terasa sudah cukup lancar menjalankan beragam aplikasi atau bermain game.

Baca Juga :  Mau Hemat Kuota Internet? Bisa Coba 5 Cara Ini

lenovojpeg
Pengamat gadget Lucky Sebastian. Dia mengatakan Snapdragon 855 memang dirancang dapat mendukung RAM hingga 16 GB. Jadi kehadiran RAM 12 GB baru permulaan, bisa jadi ke depannya akan lebih tinggi lagi.

Tapi menurut Lucky, besaran RAM tidak dibuat spesifik untuk perangkat demi menghadirkan kelebihan khusus. Semata hanya untuk menyenangkan pembeli atau sekadar trik marketing saja.

Dan tidak dipungkiri pula banyak orang memilih RAM besar karena menganggap smartphone Android seperti layaknya Windows PC. Padahal keduanya berbeda cara pengaturan RAM.

Baca Juga : WhatsApp di Android Sudah Bisa Chat Sambil Nonton Video

"Karena para vendor tahu, seperti waktu dulu besaran MP kamera mempengaruhi pilihan pembeli, sekarang RAM besar mempengaruhi keputusan memilih. Vendor tahu dalam benak banyak orang, semakin besar RAM dianggap akan semakin kencang, padahal tidak," ujar Lucky.
Lanjut diungkapnya, ke depan banyak smartphone akan mengadopsi adaptive battery dari Android Pie. Kecerdasan buatan akan memberikan prioritas kepada baterai yang disesuaikan pada pemakaian masing-masing pengguna.

"Di sini RAM besar akan mubazir. Makanya kita lihat si Pixel 3 cuek aja pakai RAM 4 GB," kata pria asal Bandung ini.

Lucky mengibaratkan RAM sebagai jalan raya. Semakin besar maka semakin lebar jalannya. Ini membuat aplikasi bisa stand by dan berjalan bersamaan. Selama jalan masih cukup untuk berjalan bersamaan, maka tidak dibutuhkan jalan lebar lain untuk membuat mobile berjalan lebih cepat.

Baca Juga : Kekayaan Zuckerberg Lenyap Rp 231 Triliun

"Semakin banyak sisa free RAM, semakin mubazir RAM besar," tegas Lucky.


Untuk saat ini RAM berukuran 4 - 6 GB sudah dianggap dapat menyokong segala aktivitas pengguna, termasuk game berat. Bila pun ingin lebih, opsi 8 GB dinilai sangat-sangat cukup.

"Jadi untuk saat sekarang, sebenarnya RAM yg over besarnya belum dibutuhkan, tetapi seiring waktu kita akan sampai juga ke sana. Sama seperti dulu smartphone Android mulai, RAM 1GB sudah besar, skrg tidak cukup lagi. Hanya skrg ini besaran RAM yg ditawarkan sering mendahului kebutuhan," pungkas Lucky.

Baca Juga : Ingin berbisnis Pulsa ? untuk dipakai pribadi atau dijual kembali