Smartfren Mantapkan 4G+ Dan Siap Sambut 5G

Smartfren membuktikan komitmennya untuk menghadirkan jaringan internet kecepatan tinggi dengan jangkauan terluas di tanah air dengan terus melakukan ekspansi jaringan.

Diungkap Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren, bahwa satu-satunya operator yang menyediakan layanan VoLTE komersial ini, telah menambah setidaknya 3000-an BTS secara nasional sepanjang tahun 2018.

“Dilihat secara total nasional, tahun lalu kita punya 13 ribuan BTS, dan per kwartal kedua (tahun) ini kita sudah punya kurang lebih 16 ribu” terang Roberto di hadapan wartawan di tengah rangkaian kegiatan Network Drive Test bersama Media di Palembang kemarin (24/10).

smartfrenjpeg
Roberto Saputra , Chief Brand Officer Smartfren

Ditambahkan oleh Munir Syahda Prabowo, VP Technology Relations and Special Project Smartfren, bahwa di tahun 2020 Smartfren menargetkan peningkatan pembangunan Site BTS (eNB) hingga 2,5 kali lipat, dibanding tahun lalu.

Munir-Syahda-Prabowojpg
Munir Syahda Prabowo 

“Tahun 2017 ke 2018 kita ada kenaikan pemasangan Site BTS (eNB) sebesar 87%, dan rencananya sampai 2020 kita menambah 80% lagi sehingga secara total dari 2017 ke 2020 penambahannya adalah 150% atau dengan kata lain kenaikannya adalah 2,5 kali lipat”. Ujar Munir.

Tak hanya memperluas cakupan, Smartfren pun terus mengimplementasikan teknologi terkini pada jaringannya untuk meningkatkan kecepatan dan menjaga stabilitas sambungan datanya. Beberapa teknologi yang diterapkan bahkan merupakan teknologi yang nantinya juga akan digunakan oleh generasi sambungan seluler terbaru 5G, seperti diantaranya massive carrier aggregations (CA), milimeter wave, small cell, MiMo, QAM, beam forming hingga full duplex.

“Kami sudah melakukan pengujian di daerah yang 4G-nya telah kita enhance atau yang kita sebut 4G+. Dan kita mendapatkan kecepatan 198Mbps menggunakan handset yang mendukung teknologi Cat.9. Memang ini masih sepersepuluh dari 5G, namun bisa kita katakan bahwa kami telah lebih dulu memasuki era teknologi pre-5G.” tambah Munir.

Di kesempatan lain, Roberto mengungkapkan bahwa Smartfren telah mengalokasikan anggaran dengan nominal yang fantastis untuk investasi pengembangan jaringan. “Saat ini kita memang sedang fokus mengembangkan jaringan. Sampai 2 tahun kedepan kita akan investasi dengan massive sekali sampai $200 juta, dan mayoritas untuk pengembangan jaringan ” Ungkap Roberto.